Hobi menonton video/film memang memerlukan biaya yang bisa terbilang tidak murah. Tapi dengan perubahan jaman, kini bahkan ada paket menonton video/film dengan harga terjangkau. Pasti harga tersebut memiliki syarat. Tapi, sebagian orang juga memilih untuk membeli maupun menyewa CD/DVD entah itu asli atau bajakan karena harganya yang relatif murah dan dapat digunakan lebih dari satu kali. Biasanya, CD/DVD tersebut diputar menggunakan player maupun komputer/laptop. Bahkan dengan kecanggihan jaman saat ini, seseorang bisa menonton video/film dengan smartphone mereka. Dimana saja dan kapan saja mereka biaa leluasa untuk menonton video/film tersebut.


Sebuah video/film yang berasal dari CD/DVD maupun mengunduh di internet pastinya memilili sebuah format khusus atau yang biasa dikenal dengan ekstensi. Format/ekstensi yang banyak digunakan video/film yakni 3gp, mp4, avi, flv, mov, wmv. Tidak semua smartphone dapat menjalankan format sebuah video/film layaknya pada player atau pun komputer. Jika anda ingin menonton di smartphone, langkah yang harus anda ambil adalah mengubah format/ekstensi video tersebut. Lalu bagaimana cara mengubah format video?. Caranya yaitu menggunakan software converter dari yang gratis hingga berabayar. Salah satu software converter yang populer yakni format factory. Software yang satu ini merupakan software gratis yang dapat diunduh di www.pcfreetime.com. Format factory dapat mengubah format video/film menjadi 3gp (mobile), mp4 (mobile), avi (mobile), flv, mov, wmv, mkv, dan masih banyak lagi. Bila anda belum mengerti cara penggunaan software tersebut, ikuti langkah-langkah berikut.
  1. Buka software Format Factory yang telah anda install
  2. Pilih format video yang ingin anda gunakan pada "video" sebelah kiri. (contoh: format 3gp)
  3. Kemudian akan keluar tab baru, klik "Add File" dan pilih video yang akan anda ubah ekstensinya, klik open. Video yang anda pilih akan muncul pada tab tersebut lalu klik OK

  4. Setelah kembali ke tab awal, setelah itu klik start pada toolbar. Proses convert pun berlangsung
  5. Setelah selesai, secara otomatis akan terbuka folder tempat video hasil convert disimpan.

Semakin baik format dan kualitas video yang anda pilih, maka semakin lama pula format factory bekerja mengubah format video tersebut. Selamat mencoba!

Post a Comment

  1. mksih atas infonya sob. . .

    ReplyDelete
  2. Gan ane kan ngubah 3gp ke mkv tapi ko kualitas video nya ama aja sma 3gp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3GP itu kualitasnya sangat di bawah MKV, kalo misalkan diubah ke MKV ya tetep sama hasilnya. meskipun 3GP dipaksakan ke resolusi yang lebih besar, jadinya sangat tidak memuaskan

      Delete

 
Top