Sudah lama Saya tidak update postingan di blog ini dan akhirnya kita berjumpa lagi. Beberapa minggu yang lalu hingga sekarang, Dayan mencoba belajar mengenai software pengolahan video. Software yang kali ini dipelajari kali ini adalah Sony Vegas Pro. Software tersebut mungkin sudah tidak asing lagi bagi para editor video. Software ini memang tidak sebagus Adobe After Effect apalagi Adobe Premier, akan tetapi sony vegas pro lebih mudah dipahami oleh seseorang yang baru berkecimpung di dunia edit video. Sony Vegas Pro memiliki tampilan yang simple seperti corel video studio dan juga terdapat efek-efek yang hampir sama dengan Adobe After Effect. Jika baru menggunakan software ini memang terbilang sulit, akan tetapi bila dipelajari terus lama-kelamaan juga akan mengerti.


Awalnya, hal yang paling dibingungkan adalah bagaimana menyimpan hasil edit video. Dengan terus mencari di google, akhirnya ketemu juga. Ternyata pada software pengolahan video untuk menyimpan hasil editing bukan menggunakan opsi "save" melainkan "render". Render di sini dapat sobat gunakan untuk menyimpan video hasil editan dalam format avi, mkv, wmv, 3gp, dan lain sebagainya. Bila sobat juga mengalami hal yang sama dengan saya, mungkin dapat mengikuti cara render video di Sony Vegas Pro berikut ini.
  1. Pilih video yang akan dirender
  2. Kemudian klik File - Render As
  3. Pada kotak "Render As" pilih ekstensi dan kualitas video yang yang akan digunakan (contoh: ekstensi "WMV", kualitas "720p")
  4. Setelah itu klik Customize Template
  5. Klik juga Project, pada "Video rendering quality" pilih Best
  6. Terakhir pilih Render, tunggu sampai proses selesai
  7. Untuk melihat hasil render bisa klik "Open" atau "Open Folder" untuk melihat tempat video disimpan
Jika ada pertanyaan seputar topik di atas bisa sobat tanyakan pada kolom komentar. Selamat mencoba!

Post a Comment

  1. Gan bisa minta instalannya dan key nya ?? Please....

    ReplyDelete
  2. Gan bisa minta instalannya dan key nya ?? Please....

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf gan sebelumnya, mungkin bisa cara di google. soanya kalo saya upload instaler milik saya koneksinya kurang mendukung :D

      Delete
  3. kalo boleh tau itu judul lagu yg buat backsongnya apa ya?hehe

    ReplyDelete
  4. gimana bos cara menyimpan vidio editing sony vegas pro 11

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara di atas saya menggunakan Sony Vegas Pro 11 bro :D
      jadi langsung praktekkan tutorialnya aja

      Delete
  5. Sony vegas emang paling bagus boss (menurut ane) dibanding ulead, kalo premiere bagus tapi ribet

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, menurut saya juga gitu. Untuk pemula lebih baik pakai Sony vegas :D

      Delete
    2. Gan, kalo bikin tulisan kaya punya kamu yang diawal itu gimana?? ajarin donk gan :))

      atau bikin aja tutorialnya di situs agan,, (h)

      Delete
    3. yang mana gan?, bisa kirim screenshot-nya ke email saya?
      dayyandayyan@gmail.com

      Delete
  6. sony vegas memang keren, sering dipake sama tukang edit video di kampung saya, kebetulan saya juga make, tapi yang versi 8 karena spec komputer saya masih rendah :-d

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ahlinya seperti kang ucup mah versi berapa pun bisa pastinya :D

      Delete
    2. kenapa ya udah di render malah ga keluar video sama suaranya ;(

      Delete
  7. maaf gan kalo boleh tau, spesifikasi pc/laptop yang dibutuhkan buat software ini seperti apa ya? takutnya begitu ane download spesifikasi laptop ane ga mumpuni hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. spesifikasi komputer saya cuma core2duo, grafik bawaan (intel GMA 256mb), OS windows 7 32bit, RAM 2GB. Kalau spesifikasi punya sobat lebih dari punya saya pastinya bisa untuk diinstal

      Delete

 
Top