Tahun 2012 sudah berada dibatas akhir dan saatnya menempuh tahun baru dengan semangat yang baru. Akan tetapi, semangat tidak akan muncul begitu saja tanpa ada tujuan. Tujuan hidup ini biasa kita kenal dengan resolusi. Sebagian orang menganggap bahwa resolusi adalah hal yang tidak perlu dilakukan, tapi itu mungkin salah. Resolusi dapat membuat hidup kita lebih terarah dan kita bisa menghindari terjadinya hal buruk seperti yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya. Saat membuka jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan sebagainya telah banyak beredar resolusi untuk tahun 2013 seperti lulus sekolah dengan nilai yang memuaskan, mendapatkan jodoh yang cocok, memperoleh pekerjaan yang pas, dan masih banyak lagi. Lalu apa resolusimu di tahun 2013 yang akan datang ini?.

© BNDR Mural
Kebanyakan resolusi masih hanya sebatas ucapan bahkan hanya tertulis dalam buku harian maupun jejaring sosial saja. Tapi bila ditelusuri ada satu media mengungkapkan resolusi yang unik dan dapat membuat sebuah perubahan. Media tersebut bernama Mural. Seniman mural memang tidak jauh berbeda dengan pelukis. Pembedanya yaitu seorang pelukis biasanya dapat menggambar ataupun melukis sebuah karya di atas sebuah kanvas. Sedangkan seniman mural memiliki fasilitas yang lebih lebar yaitu di atas dinding sebuah ruangan maupun di jalan.

Apa yang membedakan Mural dengan Graffity?. Keduanya memang menggunakan media dinding untuk menggambar, tapi Graffity hanya membuat sebuah karya yang berbentuk tulisan. Sedangkan untuk Mural, seorang seniman akan menggambar sebuah karikatur yang disisipkan dengan sebuah tulisan sebagai pendukung gambar tersebut.

Di penghujung tahun 2012 ini, para seniman mural akan menggambarkan resolusi untuk tahun 2013. Seniman mural yang ikut mendukung kegiatan ini yaitu Serikat Mural Surabaya (SMS), Love Hate Love, Bunuh Diri, dkk. Para seniman tersebut tidak bergerak sendiri, ternyata salah satu brand operator seluler ternama di Indonesia yang ikut menggandeng para seniman tersebut. Seniman mural dan Telkomsel bekerja sama untuk membuat resolusi yang akan dituangkan dalam bentuk mural langsung di dua kota, yakni Surabaya dan Jogja. Resolusi tersebut diambil dari kontes #ResolusiWOW yang di share dalam Facebook, Twitter, maupun Instagram. Semua #ResolusiWOW akan ditampung dalam sebuah situs www.resolusiwow.com. Resolusi yang paling WOW akan mendapatkan sebuah hadiah.

Mengapa Telkomsel membuat kontes #ResolusiWOW?. Kegiatan tersebut sengaja dibangun untuk mengajak para pemuda dan pemudi di sekitar Surabaya dan Jogjakarta mengungkapkan semua keinginan yang akan dicapai di tahun 2013 nanti. Supaya semua orang dapat memiliki tujuan yang ingin ditempuh sebagai pengarah hidup mereka masing-masing.

© Serikat Mural Surabaya
Lalu, mengapa memilih media Mural?. Mural memang suatu kegiatan yang mengeluarkan uang tidak sedikit, akan tetapi menghasilkan karya yang lebih dari apa yang dikeluarkan. Selain melatih para seniman untuk berkarya, Telkomsel bersama seniman mural ingin pula mempercantik kota Surabaya dan Jogjakarta dengan gambar maupun karikatur yang mendukung kota tersebut. Dibandingkan dengan Jogjakarta, kota Surabaya adalah yang paling sedikit memiliki tempat untuk mengabadikan sebuah momen dalam bentuk gambar atau yang biasa dikenal dengan fotografi. Untuk itu, Surabaya dijadikan salah satu dari dua kota tujuan yang akan dipercantik dengan sebuah #ResolusiWOW dalam bentuk mural tersebut.

Ingin resolusimu digambarkan dalam bentuk mural?, atau ingin mendapatkan hadiah yang menarik dari Telkomsel?. Langsung saja ikutan kontes #ResolusiWOW tersebut. Bila melalui twitter, kamu bisa langsung mention ke @TselJawaBali / @JejeRadioSby dengan hastag #ResolusiWOW bagi yang ingin resolusi kamu berada di Kota Surabaya. Selain itu, kontes #ResolusiWOW bisa melalui Facebook dengan masuk ke halaman Telkomsel Jawa Bali. Untuk yang ingin diabadikan di Jogjakarta, kamu dapat mention ke @TselJatengDIY dengan menambahkan hastag #ResolusiWOW juga. Bagi yang ingin langsung cepat mengetikkan resolusi, bisa langsung masuk ke link www.resolusiwow.com.



Bagi yang ingin ikutan kontes ini, masih ada waktu untuk kamu membuat #ResolusiWOW. Tapi lebih cepat lebih baik, karena kontes ini akan berakhir pada 30 Desember 2012. Handphone android sudah menunggu 2 orang dengan resolusi paling WOW. Untuk daerah surabaya, gambar mural akan diletakkan di Granada Big Wall (Jl. Pemuda – Jl. Panglima Sudirman Sby, samping air mancur balai pemuda). Selamat Berkontes!

Post a Comment

  1. Jalan surabaya bakalan warna warni ... serrruuuuu :D

    ReplyDelete
  2. Aku senang ada pihak yang mewadahi karya para seniman khususnya seniman Mural untuk mengekspresikan kreasinya secara aktif. Ini merupakan media resolusi yang begitu unik. Salut!

    ReplyDelete
  3. memang harus di sediakan tempat ya untuk mewadahi mereka, karena sebenarnya mereka kreatif tapi sebagian masyarakat menganggap itu corat coret tidak ada guna..

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar itu, tidak semua orang mengerti tentang seni seperti itu

      Delete
  4. memang seni itu tidak akan ada habisnya, perlu adanya wadah yang menaunginya.... Semoga warga jatim seperti ku bisa sangat bangga memilikinya....


    Komentar balik ya pendapat kamu di sini
    http://jabungleopark.blogspot.com/2013/01/apapun-keinginan-anda-bank-mandiri-saja.html

    ReplyDelete

 
Top