Bila berbicara tentang budaya asli Indonesia memang tidak ada habisnya. Indonesia memiliki puluhan bahkan ratusan budaya yang bahkan kita sendiri belum tentu mengetahui semuanya. Budaya-budaya tersebut tersebar diseluruh wilayah Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Tidak sedikit pula budaya asli Indonesia tersebut diklaim oleh bangsa orang lain. Dari Tarian, Batik, Makanan, hingga kesenian beladiri pun juga terlahir dari nenek moyang yang ada di Indonesia. Seni beladiri asli Indonesia sudah terkenal hingga kepelosok dunia. Bukan karate, taekwondo, atau lain sebagainya, melainkan seni beladiri pencak silat.


Itulah beladiri yang timbul dari keinginan untuk bertahan dan menyerang semua penjajah dijaman dahulu. Perguruan pencak silat di Indonesia sendiri memang tidak hanya satu. Ada berbagai perguruan yang telah ikut andil dalam memperjuangkan Indonesia. Akan tetapi ada satu perkumpulan pencak silat di Indonesia yang cukup terkenal, dan bahkan telah melahirkan atlit-atlit yang profesional dibidangnya tersebut. Sebuah perguruan pencak silat yang lahir di kota Lumajang, Jawa Timur tersebut hadir dengan nama Pencak Organisasi atau yang biasa dikenal dengan sebutan PO.

Meskipun lahir di pulau Jawa, akan tetapi PO (Pencak Organisasi) tidak terdapat di pulau Jawa saja. Sobat dapat menemukan perguruan tersebut diberbagai pulau-pulau besar di Indonesia. Disetiap cabang-cabang perguruan Pencak Organisasi terdapat beberapa ranting yang dominan berada di wilayah sekolah maupun perkuliahan. Untuk Pencak Organisasi cabang Surabaya sendiri terdapat beberapa ranting, salah satunya yakni SMP Negeri 23 Surabaya. Dari Sekolah Menengah Pertama tersebut sudah banyak mengirimkan atlit-atlit silat untuk ikut dalam pertandingan-pertandingan dari tingkat kota hingga nasional.

Dewasa ini, para pesilat dari Pencak Organisasi ranting SMP Negeri 23 Surabaya baru saja memperkenalkan budaya Indonesia tersebut dihadapan para siswa baru pada saat MOS (Masa Orientasi Siswa). Selain itu atraksi tersebut bertujuan pula untuk menambah jumlah atlit Pencak Organisasi cabang Surabaya yang akan dibina terlebih dahulu di SMP Negeri 23 Surabaya. Ranting SMP Negeri 23 Surabaya tersebut memperagakan berbagai jurus-jurus asli dari Pencak Organisasi seperti Senam dasar dan Nomor PO hingga gerakan seni TGR dengan menampilkan gerakan dari Seni Tunggal dan Seni Ganda. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat langsung pada video berikut ini.



Untuk gerakan Senam Dasar dan Nomor PO tersebut adalah hasil karya dari pendiri perguruan Pencak Organisasi yaitu Bapak Imam Sudja'i yang sempat bergabung terlebih dahulu dengan perguruan silat Setia Hati Terate yang kemudian mendirikan sendiri perguruan pencak silat yang dikenal dengan nama PO (Pencak Organisasi)

Post a Comment

 
Top