hari yang dinantikan oleh semua umat muslim akhirnya tiba. Setelah melalui proses yang panjang mulai dari melihat hilal hingga ditentukan melalui sidang isbat, dan akhirnya tepat pada tanggal 21 Juli 2012 dijadikan sebagai awal puasa menurut kesepakatan dari pemerintah. Di Indonesia memang mempunyai perbedaan antar kelompok yang satu dengan yang laiinya. Untuk pengikuti Muhammadiyah sendiri, pada tanggal 20 Juli 2012 sudah mulai puasa. Tapi bagi orang Indonesia sendiri perbedaan tersebut sudah sering terjadi antar beberapa kubu yang ada.

Selain sudah ditetapkannya awal puasa oleh pemerintah, pada malam hari tanggal 20 Juli 2012 di Masjid berbagai daerah juga sudah mulai melakukan shalat Tarawih. Seperti bulan ramadhan sebelumnya, di awal puasa ini semua masjid maupun mushola penuh sesak oleh umat muslim yang ingin menjalankan shalat tarawih berjamah. Akan tetapi menurut keadaan puasa ditahun-tahun sebelumnya, jumlah umat muslim yang shalat tarawih berjamaah di masjid akan mengalami penurunan. Mereka banyak yang memilih untuk shalat tarawih dirumah masing-masing.

Pada pagi harinya, semua umat muslim yang menjalakan puasa akan bangun untuk melakuka kegiatan sahur. Tidak sedikit yang melakukan kegiatan tersebut dirumah masing-masing. Dikarenakan pada tanggal 21 Juli 2012 juga merupakan awal puasa, kebanyakan anak-anak yang masih duduk dibangku TK hingga Kuliah sudah libur terlebih dahulu. Untuk tidak merepotkan mengatur jadwal sahur, sobat dapat melihat daftar imsakiyah untuk ramadhan 1433 H.


Jadwal imsakiyah di atas hanya untuk wilayah surabaya dan sekitarnya. bagi yang berada di luar daerah surabaya, sobat dapat kunjungi langsung website resmi Rukyatul Hilal di http://rukyatulhilal.org. Untuk lebih mudahnya sobat bisa klik link http://rukyatulhilal.org/imsakiyah/, dan kemudian pilih kota tempat sobat berada pada option "pilih kota". Semoga jadwal tersebut dapat membantu sobat selama menjalankan puasa Ramadhan 1433 H.

Post a Comment

 
Top