Hari kemenangan untuk seluruh umat muslim pun telah tiba. Hari raya Idul Fitri merupakan hari di mana seseorang kembali fitrah seperti saat masih bayi. Merubah sifat dan perlakuan yang buruk menjadi itulah tujuan dari semua itu. Tidak ketinggalan pula dengan salah satu situs berita online ternama di Indonesia. Walaupun untuk sebagian orang yang belum pernah berselancar di dunia maya, pasti juga mengetahui keberadaan situs tersebut. Mengapa bisa demikian ?, karena Vivanews merupakan bagian dari stasiun televisi swasta yang kita kenal dengan nama ANTV dan TV One.

Perubahan yang menonjol pertama yaitu pada URL situs berita online tersebut. Awalnya Vivanews berada pada alamat vivanews.com, saat itu masih menggunakan custom domain universal yaitu .com. Akan tetapi baru-baru ini situs berita online tersebut memindahkannya ke custom domain khusus Indonesia yakni menjadi viva.co.id. URL tersebut semakin mudah diingatnya.
Ternyata perubahan yang terjadi pada vivanews bukan hanya pada URL saja. Perubahan yang menonjol berikutnya terjadi pada tampilan berita online itu sendiri. Tidak menggunakan banyak warna pada tampilan beranda vivanews. Hanya menggunakan warna putih sebagai background dasarnya dan yang tidak ketinggalan pula warna merah yang terlihat digunakan sebagai garis-garis untuk desain tambahannya. Garis-garis merah tersebut menambah sisi kreatif dalam sebuah situs berita online.

Pada halaman pertama tersebut, terdapat beberapa menu berita yang disajikan terletak tepat di bawah judul VIVA.CO.ID PORTAL. Menu berita tersebut yaitu News, Bola, Life, Blog, Forum, Socio, Lebaran, dan tidak ketinggalan pula adalah menu indeks. Pada bagian sebelah kanan, sobat akan menemukan Momentum, Berita terbaru, Berita terpopuler, Wawancara, Foto, serta Bursa yang berisi harga saham, indeks dan kurs valas.

Untuk tampilan menu News tidak sepenuhnya berubah dengan tampilan beranda. Akan tetapi yang berbeda dari keduanya yaitu pada menu News masih menggunakan tab menu sama seperti tampilan sebelumnya, yakni dengan menggunakan background merah dan tulisan berwarna putih pada tab menu tersebut. Tidak dirubahnya tab menu tersebut mungkin dikarenakan tidak ingin melupakan tampilan di masa lalunya.

Nah, sekarang bergerak ke menu VIVAbola. Warna pada menu yang menggunakan URL bola.viva.co.id ini sangat berbeda dari menu sebelumnya. VIVAbola menggunakan warna hijau untuk hiasan dari background yang berwarna putih. Hal tersebut dilakukan karena untuk menyamakan dengan warna pada judul VIVAbola. Untuk bagian tata letak mungkin tidak ada yang berubah, akan tetapi pada bagian sidebar sebelah kanan sobat tidak akan menemukan pilihan seperti yang sebelumnya. Bagian sebelah kanan VIVAbola diramaikan dengan Klasemen, Jadwal, Head to Head, Man of The Match, Soccertainment, Corner, Full Match, Galeri Foto, dan yang terakhir yaitu kotak VIVAforum.

Untuk tampilan VIVAlog terlihat lebih elegan, karena menggunakan background berwarna abu-abu dengan garis-garis putih serta terdapat pula tulisan VLOG. Warna ungu juga disematkan sebagai pelengkap yang digunakan untuk tulisan judul menu, tab menu, serta judul artikel yang disubmit.

Di antara tampilan menu lainnya, yang membuat saya memberikan dua jempol yaitu pada tampilan menu VIVAlife. Tampilan pada menu tersebut sangat dibuat berbeda terutama pada background dan tata letak sub menu-nya. VIVAlife yang identik dengan warna merah muda (pink) tersebut menggunakan background yang biasanya diganti-ganti dengan wajah artis-artis ternama dunia atau bahkan dengan nama-nama kosmetik. Untuk background dasarnya, VIVAlife menggunakan warna putih dan cream muda. Terlihat begitu mempesona bagaikan seorang wanita dengan tata letak menu yang kreatif.

Walaupun Vivanews banyak melakukan perombakan pada segi tampilan, akan tetapi juga tidak melupakan berita-berita yang disajikan. Setelah berpindahnya vivanews.com menjadi viva.co.id, berita yang tersedia semakin update. Karena kita juga mengetahui bahwa vivanews juga bekerja sama dengan ANTV dan TV One sehingga vivanews semakin dikenal oleh masyarakat karena beritanya yang valid. Dari semuanya ini, ternyata bukan hanya manusia saja yang butuh perubahan, situs berita online pun butuh perubahan supaya bisa memberikan yang terbaik bagi peminatnya.

Bukti Twitter:

Post a Comment

 
Top