Banyak beredar rumor tentang kecanggihan sistem operasi terbaru milik microsoft. Tidak sedikit para pengguna windows menantikan kehadirannya. Tepat pada tanggal 25 Oktober 2012, sistem operasi yang diberi nama windows 8 resmi dirilis di berbagai negara. Untuk kawasan Asia, negara yang pertama kali ini didatangi windows 8 adalah Singapura. Saat peluncurannya, juga terlihat beberapa produsen device seperti Asus, Acer, Dell, Fujitsu, HP, Lenovo, LG, Samsung, Sony, serta Toshiba yang ikut menyambut kehadiran ketiga sistem operasi. Karena merupakan OS baru sehingga masih belum banyak aplikasi khusus windows 8 yang dapat diunduh di windows store.

Berbeda dengan sistem operasi sebelumnya, windows 8 digembor-gembor tidak dapat dibajak. Menurut microsoft, windows 8 lebih aman karena sistem operasi ini mendeteksi BIOS pada komputer maupun laptop sehingga membuat sistem operasi ini hanya dapat bekerja pada satu perangkat saja. Walaupun tetap berusaha menggunakan windows 8 ilegal/bajakan, sistem operasi tersebut akan memunculkan notice untuk aktivasi kepada pengguna device tersebut setiap 3 jam.

Sistem operasi tersebut hadir dalam dua bentuk. Sobat bisa mendapatkan windows 8 Pro dengan cara membeli kepingan DVD ataupun juga bisa langsung mendownload melalui situs http://www.windowsupgradeoffer.com/. Sobat bisa mendapatkannya dengan hanya membayar USD 69,9 atau sekitar 671 ribu rupiah untuk satu kepingan DVD. Akan tetapi bagi pemilik komputer maupun laptop yang telah membeli perangkat tersebut dalam jenjang waktu mulai 2 Juni 2012 hingga 31 Januari 2013 akan mendapatkan upgrade ke windows 8 Pro dengan harga yang lebih murah yaitu sekitar USD 41,9 saja.


Kabar gembira tentang sistem operasi terbaru ini juga menghampiri para pemilik komputer/PC versi terdahulu. Meskipun mempunyai komputer versi lama bukan berarti tidak dapat menikmati kecanggihan windows 8. Selama komputer tersebut dapat diinstall ke windows 7, Microsoft mengklaim komputer tersebut juga dapat diupgrade ke windows 8. Akan tetapi sebelum melakukan pengupgrade-an, konputer harus memenuhi beberapa syarat.

- 1 GHz processor or faster with support for PAE, NX, dan SSE2
- 2 GB RAM
- 20 GB available hard disk space
- 1366x768 screen resolution
- DirectX 9 Graphic processor with WDDM driver


Hadir dengan tida versi pastinya ada perbedaan. Perbedaan tersebut terbilang tidak sedikit antara windows 8, windows 8 Pro, dan windows RT. Perbedaan yang menonjol adalah bila pada windows 8 atau windows 8 Pro hanya dapat diinstall pada device yang menggunakan processor x86 dan x64, sedangkan untuk windows RT hanya dapat diinstall pada device berprosesor ARM. Perbedaan tersebut bertujuan supaya sistem terbaru tersebut dapat bekerja optimal sesuai prosesor yang digunakan. Memang banyak sekali perbedaan yang terdapat pada sistem operasi milik microsoft tersebut. Untuk lebih lengkap bisa sobat lihat pada artikel selanjutnya.

Post a Comment

 
Top