[photo from @engadget]
Beberapa waktu lalu dunia digemparkan oleh dua vendor smartphone yang berseteru dalam perang teknologi. Salah satu vendor smartphone yang dikenal dengan nama Apple tersebut mengklaim bahwa vendor asal Korea menjiplak karyanya. Setelah peperangan selesai dan dimenangkan oleh pihak Apple, tak berselang lama vendor dengan lambang apel tersebut meluncurkan smartphone terbaru yang digembor-gembor dapat mengalahkan smartphone Samsung Galaxy S III.

Selain memiliki layar lebih lebar dari seri iPhone sebelumnya yakni sekitar 4 inchi, iPhone 5 ini juga memiliki body yang lebih tipis dan ringan. Serta dapat bekerja pada jaringan 4G LTE. Meskipun begitu, smartphone yang memiliki body terbuat dari anodized aluminium 6000 series tersebut juga memiliki beberapa kekurangan yang hingga saat ini sedang dilakukan perbaikan. Kekurangan yang terdapat pada iPhone 5 yakni:

1. Terdapat Goresan
Bahan yang digunakan untuk iPhone seri terbaru ini memang berbeda dari sebelumnya. Dengan menggunakan meterial aluminium dan sedikit kaca pada bagian atasnya memang membuat iPhone 5 terlihat makin kokoh dan elegan. Akan tetapi tidak sedikit pelanggan yang mendapatkan iPhone 5 dengan goresan padahal smartphone tersebut baru saja dibuka dari kardus. Kebanyakan iPhone 5 yang terdapat goresan yakni pada pilihan warna hitam.

2. Lebih Banyak Menguras Baterai
Selain material untuk pembuatan body, yang baru dari iPhone 5 yaitu sistem operasi yang diusung. iPhone 5 merupakan smartphone iPhone pertama yang sudah menggunakan sistem operasi iOS 6. Sistem operasi tersebut memang lebih bagus dari sebelumnya. Akan tetapi sistem operasi yang mempunyai kecanggihan lebih juga harus mengorbankan dari segi baterai. Tidak berbeda dengan sistem operasi Android, pada sistem operasi iOS 6 juga lebih banyak menguras baterai dikarenakan fitur-fitur yang terdapat pada sistem operasi ini lebih canggih dari sebelumnya.

3. Apple Maps
Berniat untuk bisa melebihi kecanggihan Google Maps dan Nokia Maps, alhasil kekuranganlah yang didapatkan oleh pihak Apple. Pada peta digital Apple Maps, kekurangan yang dimilikinya yaitu tidak sedikit bagian yang hilang dan yang paling menonjol adalah gedung-gedung yang seharusnya menjulang tinggi kini seakan-akan roboh. Bahkan ada pula rute yang salah pada Apple Maps tersebut. Pihak Apple hingga saat ini terus berusaha untuk memperbaiki kesalah pada Apple Maps tersebut. Berikut screenshot Apple Maps yang menuai kontroversi. [photo from @detikinet]




4. Warna Ungu Saat Memotret Cahaya
Pada segi kamera untuk iPhone 5 juga memiliki kekurangan. Paling menonjol yaitu saat akan mengambil gambar yang terdapat cahaya seperti matahari dan lain sebagainya, cahaya itu akan terlihat ada bias warna ungu disekelilingnya. Rumor sementara hal tersebut dikarenakan penutup lensa yang berwarna ungu sehingga muncullah warna tersebut saat akan memotret cahaya. Masalah tersebut merupakan tugas terpenting yang saat ini dilakukan oleh pihak Apple. [photo from @kompascom]


Meskipun memiliki kekurangan, iPhone 5 tetap diminati para penggemarnya. Bahkan para fans iPhone memaafkan pihak Apple atas kekurangan pada smartphone terbarunya tersebut. Untuk beberapa masalah yang ada pada iPhone 5 khususnya untuk iOS 6 akan segera diperbaiki dan para penggunanya bisa mendapatkan perbaikan tersebut pada update iOS 6 berikutnya.

Post a Comment

  1. persaingan dengan samsung di Amerika dah hapus, patutnya iPhone tingkatkan kualiti setanding dengan hargnya yang mahal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin juga dikarena iPhone 5 dan iOS 6 masih terbilang baru, jadi tidak bisa langsung menjadi sempurna.

      Delete

 
Top