Capek campur senang ya itu semua terjadi pada hari ini. Mulai sejak TK sampai kelas 3 SMA, baru sekarang saya merasakan yang namanya pelajaran diganti dengan mengikuti sebuah seminar. Seminar yang diadakan oleh seorang alumni SMA Negeri 14 Surabaya dan seminar tersebut bertempat di salah satu Universitas di Surabaya, sebut saja Universitas Wijaya Kusuma.

Suasana Saat Seminar

Perjalanan pun telah dimulai. Pergi ke Universitas Wijaya Kusuma tersebut. Siang yang panas tak dihiraukan hanya karena untuk mengikuti sebuah seminar. Hanya kelas XII IPA IV saja yang mengikuti semnar tersebut, itu juga karena ajakan dari guru Bahasa Indonesia kami. Sudah seminarnya gratis dan biaya penyewaan bis pun  anak kelas XII IPA IV tidak mengeluarkan satu rupiah pun. Namanya juga anak SMA, di dalam bis semua anak bersenda gurau dengan sesamanya.

Ngeksis Dulu
Seminar tersebut bertemakan "Membongkar Rahasi Cinta dan Galau". Pembahasan kata "galau" dalam seminar tersbut tidak sepenuhnya dikarena putus dengan pacar atau sebagainya, melainkan juga menjelaskan tentang galau tentang pelajaran di sekolah dan hari-hari menuju Ujian Nasional serta SNMPTN. Saya sendiri pertamanya tidak begitu tertarik dengan tema tersebut, akan tetapi saat sudah dijabarkan, saya pun menjadi sedikit tertarik.

Sub-tema dalam seminar tersebut yang pertama adalah "Tips Melatih Perasaan dan Mengola Pikiran Supaya Mudah Menghalau Galau, Bosan, dan Stres". Saat pembahasan pada sub-tema ini, seorang manusia dimisalkan dengan sebuah gelas air mineral. Wadah dari air mineral tersebut adalah tubuh manusia dan air bening adalah perasaan manusia yang jernih, bersih, dan tenang. Intinya jika seorang manusia bisa menjaga perasaan, maka akan tetap bening seperti air mineral yang ada dalam wadah tersebut. Itu pun juga berlaku sebaliknya.

Menurut penelitian, manusia hidup 90% menggunakan perasaan mereka, dan hanya 10% saja manusia menggunakan pikirannya. Oleh karenanya bila persaan dibungkus dengan pikiran yang akan terjadi adalah galau, stres, marah, dan lain-lainnya.

Brosur UWK
Dalam kehidupan manusia, semua itu hanya berupa kata-kata. Contohnya saja saat anda diejek "anjing" oleh teman anda, jika anda menggunakan perasaan, maka anda akan kesal atau marah. Akan tetapi sebaliknya bila anda menggunakan pikiran anda, anda akan berpikir bahwa anjing bukan sebuah hewan. Anjing bila dijabarkan satu per satu suku katanya akan menjadi A-N-J-I-N-G, dan itu adalah sebuah kata.

Menggunakan persaan selalu dimuali dengan kata "mengapa", itu tidak akan menyelesaikan masalah. Jika anda menggunakan pikiran maka kata yang akan terucapkan adalah "bagaimana caranya".

Pembahasan yang kedua adalah tentang 6 strategi belajar yang sukses dan pembahasan yang ketiga tentang Cinta. Mungkin Cerita tentang seminar ini akan saya lanjutkan ke artikel "Seminar: Membongkar Rahasi Cinta dan Galau (part2)"

Post a Comment

  1. seminar kok seminar galau. :D
    kocak :)

    tumben doyan poto? biasane po'o..

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut seminar tersebut tidak diharuskan demikian

      Delete
  3. semangat seminar salam sukses ya sob, jangan lupa kunjungi blog ane...

    ReplyDelete

 
Top